Bg

Kegiatan Kemahasiswaan - IAIN Surakarta

Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan dalam program pengembangan kemahasiswaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan pada dasarnya dapat dikelompokkan atas :

  1. Penalaran dan Keilmuan

Yaitu program dan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah, pemahaman profesi, dan kerjasama mahasiswa dalam tim baik pada perguruan tinggi maupun antar perguruan tinggi, di dalam dan luar negeri. Penalaran dan keilmuan ini dilakukan dalam bentuk :

a.Forum Akademik

Forum akademik adalah segala bentuk pertemuan ilmiah seperti seminar, sharing Carier, lokakarya, diskusi, bedah buku, workshop serta pelatihan penelitian dan karya tulis mahasiswa.

b. Lomba Ilmiah

Lomba ilmiah adalah segala bentuk kegiatan ilmiah yang bersifat kompetitif yang dilaksanakan baik didalam maupun di luar kampus, seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM), islamic and english Education Fair (IEEF), Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTM), Lomba Pidato Bahasa Asing, dan Debat Ilmiah dalam Bahasa Asing.

  1. Pengembangan Bakat dan Minat

Program pengembangan bakat dan minat merupakan segala bentuk kegiatan yang bertujuan meningkatkan dan menumbuhkan apresiasi mahasiswa terhadap bakat dan minat yang dimiliki seperti Program Kreatifitas Mahasiswa, seni baca Al-Qur’an , kaligrafi, Fairy Sale dan lain-lain.

  1. Pengembangan Keorganisasian

Yaitu segala bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang organisasi baik yang sifatnya kepanitian maupun kelembagaan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manajemen praktis berorganisasi, kepemimpinan dan kemampuan bekerjasama seperti kegiatan Tarbiyah Ladership School (TLS), Pelatihan Manajemen & Administrasi Organisasi Kemahasiswaan, Pelangi Tarbiyah dan lain-lain.

  1. Pengembangan Kepribadian

Program kegiatan kemahasiswaan dalam aspek pengembangan kepribadian mahasiswa ialah segala bentuk kegiatan yang mengarah pada pembentukan kepribadian muslim, seperti adanya kegiatan Program Pendampingan Pengembangan Kepribadian Muslim Integral (P3KMI), Training ESQ (Emotional Spiritual Quetient), Workshop Pengembangan Soft Skill, Implementasi Tata Tertib dan Kode Etik Mahasiswa dan lain-lain.

  1. Kesejahteraan dan Kepedulian Sosial

Program kesejahteraan dan kepedulian sosial bertujuan untuk meningkatkan pengabdian masyarakat, menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, menumbuhkan kecintaan kepada tanah air dan lingkungan, kesadaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermartabat. Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan bakti sosial, baik dalam bentuk kegiatan terprogram maupun yang insidential, di dalam dan di luar kampus seperti Program Peduli Merapi (PPM), Kajian dan Buka Bersama Forum Mahasiswa Tuna Netra, Donor Darah dan Pengobatan Masyarakat, Penyaluran dana infaq melalui kotak Gerakan Infaq Seribu Seminggu (GISS).