Bg

Berita - IAIN Surakarta

Demi Menunjang Tridarma Perguruan Tinggi, Koleksi Perpustakaan FIT Ditingkatkan

15 Oktober 2020

Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah. Agenda Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah yang dilakukan terus-menerus di setiap tahunnya selain kegiatan pinjam-kembali buku adalah peningkatan jumlah koleksi. Bulan Oktober 2020 ini, Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah telah mendapatkan tambahan koleksi bahan perpustakaan.  Koleksi itu berupa buku, jurnal dan karya repositori dari tugas akhir mahasiswa. Terdapat 146 koleksi berupa buku dan jurnal serta sebanyak 99 skripsi mahasiswa yang merupakan tugas akhir calon wisudawan/wati angkatan 45.

Adanya buku, jurnal dan skripsi ini tentunya menambah perbendaharan koleksi perpustakaan yang selama ini terdapat sekitar 3500 buku penunjang pembelajaran. Sedangkan adanya skripsi baru berarti menambah perbendaharaan repositori yang dapat diakses di https://fit.iain-surakarta.ac.id/wp_perpus.php baik data bibliografis maupun bentuk digitalnya.

Penambahan ini tentunya tidak terlepas dari aturan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa penambahan koleksi perpustakaan perguruan tinggi per tahun paling sedikit 3% dari total koleksi (judul) yang ada. Sehingga berdasarkan aturan tersebut penambahan koleksi di Perpustakaan bisa dikatakan mampu melewati batas minimal untuk perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT). Selain hal tersebut penambahan koleksi ini tidak terlepas demi update-nya informasi dan pengetahuan yang mampu menunjang tri darma Perguruan Tinggi terutama pendidikan dan penelitian.

Perpustakaan, pada prinsipnya mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai sumber pendidikan, informasi, penelitian dan rekreasi. Fungsi tersebut dapat diraih tidak terlepas dari kebaruan informasi yang dimiliki oleh perpustakaan. Sehingga, penambahan koleksi juga mempunyai peran lebih banyak dari berjalannya fungsi dari perpustakaan. Koleksi baru yang ada di Perpustakaan FIT ini, menurut petugas akan siap layan pada bulan November nanti. Semua itu akan dilayankan setelah buku yang datang dilakukan peng-inventarisasian, diinput di sistem informasi perpustakaan SLIM, dilanjutkan proses labeling, dan ditambah proses preservasi berupa penyampulan. Dengan dilakukan tahap demi tahap tersebut diharapkan koleksi mampu dimanfaatkan lebih maksimal juga lebih terawat.