Bg

Berita - IAIN Surakarta

FIT Berikhtiar Menerbitkan Jurnal Baru

6 Agustus 2020

Surakarta – “Dunia perguruan tinggi tidak lepas dari ekspresi tulisan dan jurnal sebagai wadah dari buah gagasan, hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat. Menyadari FIT baru memiliki satu jurnal, maka dirasa sangat dibutuhkan kehadiran dari jurnal-jurnal baru di lingkungan FIT dalam rangka meningkatan mutu SDM dan mutu lembaga”, demikian sambutan dari Dekan FIT diacara workshop pendirian jurnal baru yang dilaksakan pada tanggal 6 Agustus 2020. Ungkapan Dekan ini dikuatkan dengan sambutan dari Wakil Rektor III yang mewakili Rektor dalam pembukaan acara workshop di atas.

Menurut Wakil Rektor III, beliau mempunyai pengalaman menilai PAK dosen, hendak naik pangkat tapi jurnal belum ada. Lha ini permasalahan riil di tengah kita. Sehingga kegiatan workshop ini sangat membantu bagi para dosen yang ingin naik pangkat. Makanya saya menganjurkan agar support jurnal ini selalu ada dan dievaluasi agar lebih layak dan melejit terus, begitu ungkapnya.

Kegiatan workshop ini targetnya adalah untuk menerbitkan 3 jurnal baru di lingkungan FIT, yakni dari Prodi PBA, Prodi PGMI dan Prodi PIAUD. Makanya dibutuhkan strategi dan langkah-langkah konkrit agar jurnal baru ini bisa diregistrasi dan  bisa eksis dalam pejalananya ke depannya.  Untuk memberikan bekal bagi calon pengelola jurnal baru ini, narasumber tidak henti-henti memberikan motivasi agar FIT sebagai institusi selalu support anggaran untuk jurnal baru ini dan motivasi kepada para pengelola jurnal agar memiliki loyalitas dan semangat untuk menghasilkan produk jurnal yang baik meskipun merangkak dari bawah. Menurutnya, mengelola jurnal itu bisa gampang gampang susah, susah susah gampang, gampang gampang gampang atau susah susah susah, semuanya tergantung perspektif pengelola jurnal dan dukungan yang tersedia.

Kegiatan workshop ini sangat dinamis, dibuktikan dengan beberapa peserta bertanya seputar pengelolaan jurnal. Sebagai contoh Pak Nurcholis yang menanyakan tentang waktu publish atau edisi terbitan. Kegiatan workshop ini juga mengadakan semacam FGD bagi para pengelola jurnal untuk fiksasi nama jurnal, nama pengelola, dan deskripsi dari jurnal tersebut. Untuk mengawal eksistensi dari jurnal baru FIT ini, maka pihak FIT mengharap Omah Jurnal yang ada di IAIN Surakarta dapat memonitoring sekaligus mengevaluasinya. —