Bg

Berita - IAIN Surakarta

FIT IAIN Surakarta Gelar Refreshment Training Dosen Pengajar PPG Dalam Jabatan 2021

5 Juni 2021

Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta menggelar kegiatan Refreshment Training Dosen Pengajar PPG Dalam Jabatan pada hari Sabtu, 5 Juni 2021, bertempat di Hotel Lor In Solo. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan di LPTK IAIN Surakarta.

Prodi PPG Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta, mendapat amanah untuk memberikan pendidikan bagi para guru baik guru Pendidikan Agama Islam maupun Guru Madrasah.

PPG FIT UIN Raden Mas Said mendapatkan ploting mahasiswa peserta PPG Puru PAI pada gelombang pertama yang awalnya 138, karena berbagai hal menjadi 122 mahasiswa (guru), dan total menjadi 8 kelas. Kemudian guru Madrasah pada gelombang 1 mendapatkan 125 mahasiswa (guru) sehingga menjadi 10 kelas.

Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu indonesia raya, sambutan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah oleh Prof. Dr. H. Baidi, M.Pd, kemudian sambutan Rektor IAIN Surakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag.

Kemudian dilanjutkan dengan materi Sosialisasi LMS PPG Dalam Jabatan (SPACE) oleh Sekretaris Tim Panitia Nasional PPG Daljab, Bpk Anis Maskyur, M.A. (JFT Pengembang Teknologi Pembelajaran pada PTU). Dan simulasi LMS dipandu oleh Bapak Didik Priyanto.

Penyampaian materi oleh Bapak Anis Maskyur, M.A.

Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Mekanisme dan Manajemen Penjaminan Mutu Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan 2021 oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Bapak Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag.

Beliau menyampaikan bahwa perlu penguatan kapasitas dan kompetensi kuru dalam aspek penguasaan Blended Learning, penggunaan media digital, kemampuan mengelola kelas virtual, dan Membuat content-content pembelajaran inovatif.

Penyampaian Materi oleh Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag., Direktur GTK dan Kasi Bina Guru MI dan MTs (selaku Sekretaris Tim Panitia Nasional PPG Daljab)

Mahasiswa PPG akan memulai perkuliahan pada hari senin 7 Juni 2021, mereka harus mengikuti sebanyak 12 SKS terdiri dari pendalaman materi 5 SKS, pengembangan perangkat pembelajaran 3 SKS dan praktik lapangan 4 SKS, selanjutnya mereka juga akan mengikuti Ujian Komprehensif, Ujian Pengetahuan (UP) dan Ujian Kinerja (UKIN).

Mereka akan didampingi oleh 60 desen yang ada lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta yang disesuian dengan kompetensi para dosen. Modul Pedagogik terdiri dari dari 4 mudul yang maisng-masing modul diselesaikan selama 3 hari dengan durasi 4 jam per hari begitu juga dengan modul profesional. Untuk pedagogik dan profesional ditempuh selama 30 hari.

Penyampaian materi oleh Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Ed. selaku Sekretaris Kasi Bina Guru MTs

“Seseorang yang sudah menjabat sebagai guru tetap wajib sertifikasi dan ditanggung oleh pemerintah” ujar Bpk Mustofa Fahmi, S.Pd

“Bank dunia telah melakukan penelitian bahwa sertifikasi tidak berbanding lurus dengan kualitas atau kemampuan guru, maka dari itu PPLPG diganti dengan PPG, semoga pelaksanaan kegiatan PPG dapat berjalan dengan lancar. amin” pungkasnya.

Sambutan oleh Dekan FIT, Bpk Prof. Dr. H. Baidi, M.Pd.