Bg

Berita - IAIN Surakarta

Forum Alumni FIT (FOSTABA) Menggelar “Pelepasan” Wisuda Ke-46 Fakultas Ilmu Tarbiyah

19 Maret 2021

Forum Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah (FOSTABA) menggelar Pelepasan Mahasiswa Wisuda Ke-46 Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT) IAIN Surakarta pada hari Jum’at, 19 Maret 2021, bertempat di Hotel Multazam, Pabelan-Sukoharjo.

Acara dihadiri oleh Rektor IAIN Surakarta, Segenap Pimpinan Fakultas Ilmu Tarbiyah, Segenap Kaprodi dan Sekretaris Prodi, Perwakilan Dosen FIT, Perwakilan Orang Tua Wali Wisudawan/wati serta Wisudawan/wati Prodi PAI, PBA, PIAUD dan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta yang telah lulus. Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah wisudawan/wati Fakultas Ilmu Tarbiyah sebanyak 104 wisudawan/wati, yang terdiri dari 38 wisudawan/wati dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 24 wisudawan/wati dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 27 wisudawan/wati dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan 15 wisudawan/wati dari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Adapun tema yang diusung pada Pelepasan Wisuda Ke-46 FIT ini adalah “Pendidik Profesional dan Produktif”, dengan harapan Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah menjadi pendidik yang profesional dan produktif.

Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam FIT atas nama Intan Sari, M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Kepala MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto.

Sambutan oleh Dr. Fauzi Muharom, M.Ag. selaku Wakil Dekan I mewakili Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah

Dalam sambutannya, Dr. Fauzi mengumumkan wisudawan/wati terbaik serta wisudawati termuda Fakultas Ilmu Tarbiyah. Wisudawan/wati Terbaik diraih oleh Nursya Fatkhuina Husailah, S.Pd. dari Prodi PAI, Tsania Nurul Fatimah, S.Pd. dari Prodi PBA, Niqmatul Nisa Azizi, S.Pd. dari Prodi PIAUD dan Afifah Nur Fauziyah, S.Pd. dari Prodi PGMI. Adapun Farika Dwi Meilani, S.Pd. dinobatkan sebagai Wisudawati termuda.

“Hendaknya Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah terus mengembangkan ilmu dalam kehidupan yang nyata, dan berkontribusi besar di masyarakat. Alumni FIT bisa melanjutkan Studi S2 di Pascasarjana IAIN Surakarta” tegas Dr. Fauzi.

Sambutan Rektor IAIN Surakarta

Prof. Mudofir selaku Rektor IAIN Surakarta memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Wahai alumni, Anda adalah anak-anak muda yang terus tumbuh berkembang secara fisik maupun pemikiran, maka anda harus mampu menggali makna secara terus-menerus. Ingat! Apabila seseorang tidak memiliki makna dalam hidupnya, maka dia akan tersingkir. Jika makna kehidupan bisa kita dapatkan, maka kehidupan akan semakin layak kita jalani”.

“Kepada para alumni, lanjutkan Studi S2!” sambung Prof. Mudofir.

“Dengan kelahiran UIN Raden Mas Said mendatang, akan membuka partisipasi bagi alumni untuk berkiprah bersama kami membangun UIN Raden Mas Said” Tutur Prof. Mudofir.


Sambutan Wakil Wisudawan (Alumni) oleh Afifah Nur Fauziyah, S.Pd.

Sambutan Wakil Wisudawan (Alumni) oleh Afifah Nur Fauziyah, S.Pd. Dia menyampaikan, “Kami berterima kasih kepada kedua orang tua kami yang telah berjuang, berdoa, serta membiayai pendidikan kami. Kami juga berterima kasih kepada Bapak Rektor atas segala fasilitas yang telah diberikan kepada kami. Selain itu kami juga berterima kasih kepada Bapak/Ibu Dosen yang telah membimbing dan mendidik kami, sehingga kami dapat menyelesaikan studi kami dengan baik. Kami mohon maaf atas segala kekhilafan kami”.

“Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita, akan tetapi hari ini adalah awal dari babak baru untuk berkiprah di masyarakat” ungkapnya.

Bpk Hakiman, S.Pd.I., M.Pd. selaku Ketua Fostaba dalam sambutannya mengatakan, “Kepada para alumni, selamat bergabung di Fostaba tingkat prodi dan tingkat fakultas”.

Penyerahan buku-buku referensi dari Alumni yang diwakili oleh Ahmad Rosyidin, S.Pd. kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah yang diwakili oleh Dr. Fauzi Muharom, sebagai bentuk kontribusi alumni terhadap almamaternya.

Dalam kesempatan ini alumni juga menyumbangkan 100 eksemplar buku referensi untuk Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah. ini adalah bentuk kontribusi alumni terhadap Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta.

Acara Pelepasan juga dimeriahkan oleh Band Religi An-Nasyid yang personilnya juga dari Forum Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah (FOSTABA).

Sambutan oleh Wakil Orang Tua /Wali Wisudawan/wati yang disampaikan oleh Drs. Sarwono, M.S.I.

Dalam kesempatan pelepasan ini, Drs. Sarwono, M.S.I. selaku Wakil Orang Tua/Wali Wisudawan/wati juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan harapannya, “semoga dengan gelar yang telah didapatkan, putra-putri kami dapat meraih masa depan yang lebih cerah dan tercapai cita-citanya”.

“Jadilah alumni yang berakhlak mulia, pintar dan cerdas. Karena manusia yang pintar dan cerdas akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan yang lebih baik serta mampu berkontribusi di masyarakat” tuturnya.

Dan di akhir beliau menyampaikan sebuah pantun, “Jalan-jalan ke kota Surakarta, mampir dulu membeli semangka, hari ini anda boleh berbangga, karena anda akan menjadi pemimpin bangsa”. Semoga segenap alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah sukses dalam berkarir, dan mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Amin. (KF/FIT)


Penyerahan ijazah dan transkrip nilai oleh Wakil Dekan I kepada mahasiswi
Penyerahan ijazah dan transkrip nilai oleh Wakil Dekan II kepada mahasiswi
Penampilan Band Religi An-Nasyid dari Fostaba