Bg

Berita - IAIN Surakarta

Fostaba Menggelar Pelepasan Calon Wisudawan FIT ke-41

4 Oktober 2019

Surakarta – Kamis (3/10), Dengan mengusung tema “Pendidik Professional di Era Milenial”, FIT menyelenggarakan Pelepasan FIT ke-41. Pelepasan kali ini merupakan kali pertama Fakultas Ilmu Tarbiyah yang diadakan di hotel, yang bertempat di Hotel Multazam, Pabelan. Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan mengundang para calon wisudawan ke-41 beserta dengan pendamping masing-masing. Acara dihadiri oleh Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga), Dr. H. Muhammad Munadi, S.Pd., M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan), Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd. (Dekan FIT), Dr. Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. (Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama), Prof. Dr. H. Purwanto, M.Pd. (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan), Ketua dan Sekretaris Prodi di FIT.

Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd. dalam sambutannya melaporkan jumlah wisudawan ke-41 adalah 260 orang, yang terdiri dari PAI 154 orang, PBA 27 orang, PIAUD 20 orang, dan PGMI 59 orang. Beliau kemudian menyampaikan bahwa pada tahun 2020 FIT akan menambah 2 Prodi Baru, yaitu Prodi Teknologi Pangan dan Ilmu Lingkungan Hidup sebagai salah satu embrio menuju UIN Surakarta. Beliau juga menyampaikan dari 260 mahasiswa yang mendapat IPK tertinggi pada tiap-tiap prodi adalah Aida Budi Asanti, S.Pd. dari Prodi PIAUD dengan IPK 3.79, Marfiatun Sholihah, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3.77, Dawimah Nur Hayati, S.Pd. dari Prodi PGMI dengan IPK 3.69, Nurul Khasanah, S.Pd. dari Prodi PBA dengan IPK 3.68, dan juga Ratih, S.Pd. sebagai wisudawan termuda dengan usia 20 tahun 11 bulan dengan IPK 3.75. Sedangkan untuk calon wisudawan dengan predikat cumlaude pada Prodi PAI sejumlah 94 orang, PBA 7 orang, PIAUD 9 orang, dan PGMI 36 orang. Selain itu FIT juga mewisuda wisudawan tahfidz Al Quran diantaranya adalah Nurul Khasanah, S.Pd. dengan jumlah hafalan 30 Juz, Ratih, S.Pd. dengan jumlah hafalan 10 Juz, A. Billy Cahya, S.Pd. dengan jumlah hafalan 9 Juz, Evi Sundari, S.Pd. dengan jumlah hafalan 6 Juz, dan Tri Nopitasari, S.Pd. dengan jumlah hafalan 4 Juz.

Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd. berpesan, “Ketika anda sudah menjadi alumni tolong jaga nama baik IAIN Surakarta dengan selalu berperilaku dengan baik (Akhlaqul Kharimah) dimanapun berada, sebab gelar alumni IAIN Surakarta akan selalu menempel di pundak Anda. Banggakan IAIN Surakarta dengan prestasi-prestasi yang spektakuler”. Terkahir beliau menyampaiakan terimakasih kepada wali wisudawan yang telah mempercayakan putra putrinya belajar di IAIN Surakarta, dan alhamdulilah dapat menghantarkan putra putrinya menyelesaikan studi dengan selamat lahir dan batin. Mudah-mudahan para calon wisudawan dapat bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa, dan membanggakan.

Dr. H. Muhammad Munadi, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para calon wisudawan. Beliau juga memohonkan maaf mewakili dosen apabila selama belajar di IAIN dan apabila mungkin ada dosen yang sulit ditemui saat bimbingan skripsi. FIT sudah mengupayakan wisudawan sebaik mungkin, bahkan ada beasiswa tahfidz. Namun masih sedikit mahasiswa yang mau mengikutinya. Beliau menyemangati para calon wisudawan untuk siap hijrah untuk mencari pekerjaan maupun berwirausaha, karena bumi Allah itu luas, peluang sangat banyak diluar sana sehingga jangan hanya berdiam diri dirumah atau kosan.Terakhir beliau memohon maaf apabila layanan kurang sempurna, hal-hal yang baik bisa disampaikan ke semua orang, namununtuk yang kurang baik tidak perlu disebarkan dan dijelek-jelekkan, namun alangkah lebih baiknya langsung disampaikan ke Dekan selaku pejabat tinggi di Fakultas.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan bagi wisudawan tahfidz Al Quran, wisudawan terbaik pada tiap-tiap Prodi, dan wisudawan termuda. Dilanjutkan dengan prosesi penyerahan transkrip nilai oleh WD I dan WD II serta Ketua Prodi masing-masing.

Perwakilan wisudawan, Abdullah A’qil Nashrullah, S.Pd. (Calon Wisudawan Prodi PAI) memberikan sepatah dua patah kata mewakili para wisudawan. Dia menyampaikan terikasih kepada para pimpinan Fakultas, segenap dosen dan karyawan di lingkungan FIT dan meminta maaf apabila ada salah pada mahasiswa. Dia juga meminta restu untuk keluar dari FIT IAIN Surakarta untuk mengembara di luar, di dunia nyata. Selanjutnya perwakilan dari orang tua/ wali calon wisudawan yang diwakili oleh Bp. Slamet Rahmat Syah, S.Ag. (orang tua dari Sdri. Annisa Arsya Wardani, S.Pd., calon wisudawan dari Prodi PAI) menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap civitas akademik IAIN Surakarta, yang telah membantu mendidik dan mengajarkan putra putrinya sehingga bisa lulus dan membantu menyiapakan yang terbaik untuk kesiapan mereka bekerja. Beliau juga mengucapkan rasa syukur dan bahagia mewakili para orang tua wali yang lain, dapat menjadi saksi putra-putrinya lulus dari IAIN Surakarta.

Hakiman, S.Pd.I., M.Pd. selaku ketua Forum Alumni (Fostaba) menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada para calon wisudawan FIT. Beliau berharap para calon wisudawan untuk dapat aktif bergabung dengan Fostaba meskipun sudah lulus dan bekerja, untuk selalu dapat aktif berkontribusi untuk alumni dan saling menjaga silaturahmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan buku perpustkaan FIT dari Alumni. Dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Nashrul Haqqi Firmansyah, M.Pd.  (ff)