Bg

Berita - IAIN Surakarta

Fostaba Mengadakan Seminar Career and Development Program : “Pendidik Berwirausaha”

17 Maret 2021

Forum Silaturahmi Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah (Fostaba) mengadakan kegiatan Seminar Career and Development Program (CDP) dengan tema “Pendidik Berwirausaha” pada hari Rabu, 17 Maret 2021. Acara dilaksanakan secara virtual menggunakan Zoom Meeting.

Adapun Narasumber Career and Development Program (CDP) dengan tema “Pendidik Berwirausaha” ini adalah Ibu Ernawati, M.Psi, Dosen IAIN Surakarta di Fakultas Ushuluddin dan Da’wah FUD Jurusan Bimbingan Konseling Islam dan Psikologi Islam. Dan selaku moderator dari alumni (Fostaba) atas nama Rio Kurniawan, M.Pd. yang saat ini merupakan Candidat Doktor Jurusan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga.

Bapak Hakiman, M.Pd. selaku Ketua Fostaba menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada alumni khususnya wisudawan FIT ke-46 tentang pentingnya berwirausaha.

“Pendidik diharapkan tidak hanya mampu mengajar/menjadi guru, melainkan harus memiliki mental dan skill berwirausaha” ujar Bpk Hakiman.

Ibu Ernawati, M.Psi, menjelaskan bahwa aspek yang harus di bangun dalam kepribadian islami adalah Ruhiyah (aqidah dan akhlak) Fikriyah (akal,wawasan dan pola pikir) Amaliyah (perbuatan baik ke diri sendiri, keluarga dan masyarakat).

Beliau menambahkan, ada 4 hal penting yang perlu dipahami untuk menjadi pendidik berwirausaha yang mandiri : (1) Mandiri adalah sikap mental; (2) Harus memiliki keberanian. Berani mencoba dan berani memikul risiko. Karena hanya dengan keberanian seseorang bisa bangkit untuk mandiri; (3) Nikmatilah proses. Segalanya tidak ada yang instan, semua membutuhkan proses. Menjalani proses adalah sunatullah. Negeri ini tidak mungkin berubah dalam sehari atau dua hari. Kita harus belajar menikmati proses perjuangan, menikmati tetesan keringat dan air mata. Perjuangan adalah nilai kehormatan kita yang sesungguhnya; dan (4) Tetap Rendah Hati (tawadhu’). Jangan sampai kegigihan dan kemandirian yang kita lakukan mendatangkan rasa ujub akan kemampuan diri. Proses kemandirian yang sejati harus membuat kita tawadhu’, rendah hati. Sertailah kegigihan kita untuk mandiri dengan rasa tawadhu dan tawakal kepada Allah SWT, karena tidak ada sedikit pun kekuatan dalam diri kita kecuali dengan kekuatan dari Allah Yang Maha Kuat.

Dengan CDP ini, semoga alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah mampu menjadi pendidik yang berwirausaha.

Materi bisa didownload disini

Dokumentasi Kegiatan CDP

Dokumentasi Kegiatan CDP