Bg

Berita - IAIN Surakarta

Mahasiswa PBA Presentasikan Artikelnya di Konferensi Nasional Bahasa Arab

7 Oktober 2019

Malang – Sabtu (05/10), Konferensi Nasional Bahasa Arab yang diselenggarakan oleh Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang dengan mengusung tema “Kreativitas dan Inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia abad 21”. Kegiatan ini cukup meriah karena dihadiri oleh beberapa dosen dan mahasiswa jurusan studi Arab atau non Arab dari Perguruan Tinggi Negeri atau swasta di Indonesia, bahkan ada pemakalah dari Malaysia.

Kegiatan di mulai dari pukul 08.00 yaitu pembukaan. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu ahlan wa sahlan, Sambutan ketua pelaksana, sambutan ketua jurusan, sambutan dekan sekaligus membuka acara dan doa. Di akhiri dengan hiburan penampilan tari saman oleh alkaromi pada pukul 09.00.

Acara dilanjutkan dengan presentasi pemakalah utama yaitu Assoc. Prof. Dr. Zawawi bin Ismail dari dari Malaysia, M.A, Dilanjutkan oleh Prof. Dr. Miassar Al – Makki dari Turki, dan Prof. Drs. Muhaiban dari Malang. Setelah acara tersebut para pemakalah paralel masuk ke ruangan masing-masing yang telah di jadwalkan panitia yang ada di gedung D8 Fakultas Sastra. Dari IAIN Surakarta, Fika Vindayani mendapat nomor urut maju 3 dan mempresentasikan artikel penelitian dengan judul “Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Menurut Model Oxford”.

Diharapkan dengan adanya Konferensi Nasional Bahasa Arab yang ke lima, bisa menumbuhkan minat mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan penelitian dalam lingkup bahasa arab guna perkembangan bahasa Arab di ranah akademik maupun non akademik.