Bg

Berita - IAIN Surakarta

Prodi PGMI FIT Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional & Internasional

15 Juni 2021

FIT – Selasa, 15 Juni 2021 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional & Internasional” secara virtual melalui zoom meeting, dan dihadiri oleh 250 peserta.

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional & Internasional

Dr. Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag selaku Kaprodi PGMI menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa Prodi PGMI FIT UIN Raden Mas Said Surakarta tentang penulisan artikel ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional.

Beliau menambahkan, manfaat dari kegiatan ini yakni diharapkan mahasiswa PGMI bisa menulis artikel ilmiah dengan baik, mahasiswa mengetahui strategi penulisan artikel jurnal nasional maupun internasional, serta untuk pengembangan akademik bagi mahasiswa Prodi PGMI terutama dalam bidang penelitian.

Kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional & Internasional” ini dilaksanakan sebanyak 2 sesi, yakni sesi 1 dilaksanakan pada hari ini, Selasa, 15 Juni 2021 pada pukul 09.00 sd 12.00 WIB. Dan sesi 2 akan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Juni 2021, pada pukul 09.00 sd 12.00 WIB.

Adapun narasumber pada Sesi 1 hari ini adalah Angga Dwi Prasetyo, S.Pd., M.Biotech dan Ilzamha Hadijah Rusdan, M.Sc. kemudian narasumber pada Sesi 2 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Juni 2021 adalah Amining Rahmasiwi, M.Pd. dan Dita Purwinda Anggrella, M Pd.

Materi pada Sesi 1 hari ini peserta pelatihan mendapat penjelasan tentang mengenal jurnal dengan mengetahui bagaimana cara mendaftarkan diri pada akun suatu jurnal, mengetahui jurnal-jurnal yang bagus sebagai tempat mempublikasikan karya ilmiah, mengetahui seluk beluk Jurnal Jenius (Jurnal Prodi PGMI Surakarta), cara submit artikel jurnal secara online, mengenal Mendeley sebagai syarat referensi, mencari jurnal nasional dan internasional dengan baik, mengetahui tingkatan-tingkatan jurnal, serta mencari masalah penelitian dengan baik, dengan melihat tema-tema yang update dan kekinian.

“Segenap peserta pelatihan pada Sesi 1 diharap dapat mengikuti pelatihan pada Sesi 2 secara penuh pada hari Kamis, 17 Juni 2021, pada pukul 09.00 sd 12.00 WIB” pungkas Dr. Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag.