Bg

Pendidikan Bahasa Arab - IAIN Surakarta

Pendidikan Bahasa Arab

Sejarah :

Program studi PBA berdiri berdasarkan ijin yang dikeluarkan oleh Dirjen Binbaga Islam nomor: E/218/1999 tanggal 27 Juli 1999. Kemudian diperpanjang dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/33/2008 tertanggal 30 januari 2008. Meskipun ijin operasionalnya telah diperoleh pada tahun 1999, tetapi prodi PBA baru menerima mahasiswa baru pada tahun 2000/2001. Pada saat itu Ketua Program Studi masih dirangkap oleh Ketua Jurusan yaitu Bapak Drs.Sukirman, M.Ag. Baru kemudian pada tahun 2004, diangkat Ketua Program Studi periode pertama yaitu Bapak Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. Belum genap satu periode menjabat, yaitu tahun 2006, karena Bapak Imam Makruf, S.Ag. M.Pd. terpilih sebagai Ketua Jurusan Tarbiyah, maka pejabat Kaprodi digantikan oleh Bapak Drs. Saiful Islam, M.Ag. yang kemudian beliau menjabat sampai tahun 2011. Setelah perubahan dari STAIN ke IAIN, maka dilakukan pemilihan kembali kaprodi PBA dan terpilih Ibu Hj. Hafidah, M.Ag. kemudian untuk periode 2015-2019 jurusan PBA  diketuai oleh Dr. Toto Suharto, M.Pd, dan Sukirman,M.Ag sebagai Sekretaris Jurusan.

Program studi PBA telah terakreditasi C berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 18 April 2008-18 April 2014 berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor: 001/ BAN-PT/Ak/XI/S1/IV/2008. Akrediatasi tersebut telah diperbarui pada tahun 2013 hingga tahun 2018 dengan hasil Akreditasi B, dan pada saat ini prodi PBA telah terakreditasi A yang berlaku selama lima tahun sejak tanggal  31 Oktober 2017 berdasarkan keputusan Ban-PT Nomor: 4086/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017.

Visi :

Menjadi program studi yang berdaya saing internasional tingkat Asia Tenggara dalam bidang keilmuan pendidikan Bahasa Arab pada 2025

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu internasional dalam bidang keilmuan pendidikan bahasa Arab.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian internasional bidang keilmuan pendidikan bahasa Arab.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan bahasa Arab;
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah, swasta, lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas lembaga, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keilmuan pendidikan bahasa Arab.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang berdaya saing internasional dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Bahasa Arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Bahasa Arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Bahasa Arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  5. Menghasilkan penelitian bidang keilmuan pendidikan Bahasa Arab yang berdaya saing, sehingga menjadi rujukan bagi pengembangan keilmuan pendidikan Bahasa Arab secara internasional;
  6. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menyentuh kebutuhan dasar masyarakat terkait perkembangan keilmuan pendidikan Bahasa Arab.

Sasaran :

    1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran: Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab yang unggul untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kualitas profesionalitas dalam penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab dan pengajarannya; menguasai keterampilan dasar dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait kebahasaaraban dan pengajarannya; dan menguasai kemampuan metodologis pengajaraan bahasa Arab serta dapat menggunakannya dalam kehidupan bermasyarakat.
    2. Bidang Penelitian: Penyelenggaraan penelitian yang bermutu bagi dosen untuk meresponsi perkembangan keilmuan bahasa arab dan pengajarannya dan untuk mengupdate kemampuan akademik dosen.
    1. Bidang Pengabdian Masyarakat: Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat oleh PS sebagai bentuk kontribusi akademik bagi pengembangan masyarakat.
    1. Bidang Pengelolaan Organisasi: Peningkatan layanan mutu manajemen yang sistematis dan terorganisir.
    1. Bidang Mahasiswa dan Lulusan: Peningkatan kualitas dan produktivitas kegiatan mahasiswa serta Silaturrahmi dengan alumni
    1. Bidang SDM dan Sarana-Prasarana: Peningkatan mutu SDM dosen dan sarana-prasarana PBM untuk menciptakan peningkatan pembelajaran yang berkualitas
    1. Bidang Kerjasama: Peningkatan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta, nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas lembaga
  1. Bidang Sistem Informasi: Pembenahan dan penyempurnaan siystem informasi PS sebagai bagian integral dari fakultas dan institute

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama:
  1. Menguasai ilmu-ilmu bahasa Arab.
  2. Mampu berbahasa Arab; pasif dan aktif.
  3. Mampu membuat perencanaan pembelajaran Bahasa Arab
  4. Mampu mengembangkan dan menerapkan berbagai strategi/metode pembelajaran Bahasa Arab
  5. Mampu menyusun materi pembelajaran Bahasa Arab
  6. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran Bahasa Arab berbasis TIK
  7. Menguasai evaluasi pembelajaran dan mampu mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaranBahasa Arab.
  8. Mampu mengajar Bahasa Arab
  9. Memiliki kemampuan menerjemahkan dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  10. Mampu melakukan penelitian dalam bidang kependidikan bahasa Arab.
  11. Mampu memanfaatkan bidang keahliannya bagi pengembangan masyarakat.
  1. Kompetensi Pendukung:
  1. Mampu mengelola lembaga pendidikan non formal Bahasa Arab
  2. Mampu mengembangkan buku ajar atau buku teks Bahasa Arab.
  3. Mampu mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis TIK.
  1. Kompetensi Lainnya:
  1. Mampu Baca dan Tulis Al-Qur’an
  2. Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
  3. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu ke-Islaman
  4. Memiliki pengetahuan tentang ilmu-ilmu kependidikan
  5. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris.