Bg

Pendidikan Islam Anak Usia Dini - IAIN Surakarta

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Sejarah :

Program Studi PGRA ini baru berdiri pada tahun 2012, yaitu dengan keluarnya ijin operasional penyelenggaraan program studi PGRA nomor: 1181 Tahun 2012 tanggal 13 Agustus 2012 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Dengan demikan pada tahun akademik 2012/2013 baru mulai menerima mahasiswa baru untuk angkatan pertama. Pada tahun pertama ketua program studi belum diangkat, sehingga masih ditangani langsung oleh Ketua Jurusan Tarbiyah, yaitu Ibu Dra. Noor Alwiyah, M.Pd. Setelah itu pada tahun 2013 – sekarang PGRA diamanatkan kepada Bapak Drs. Subanji, M.Ag Selaku Ketua Program Studi.

Pada tahun 2016, keluar SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6421 tahun 2016 tanggal 14 Nopember 2016 tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi IAIN Surakarta yang menyebutkan bahwa program studi PGRA berubah menjadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Pada tahun 2016, prodi PGRA telah terakreditasi  B yang berlaku selama lima tahun. Untuk menyesuaikan nomenklatur menjadi PIAUD,  sertifikat akreditasi diperbaharui lagi sejak tanggal 10 Oktober 2017 berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor: 3506/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017.

Visi    :

Menjadi program studi bertaraf internasional di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini pada tahun 2035.

Misi    :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berkarakter islami, berdaya saing internasional sesuai perkembangan IPTEK.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan Ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan inovasi di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  4. Membentuk lingkungan akademik yang berbudaya Islami.

Tujuan     :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter islami, berdaya saing internasional di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Menghasilkan produk-produk inovatif melalui penelitian di bidang Pendidikan Anak usia Dini.
  3. Menghasilkan kerjasama yang mendukung peningkatan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Islam Anak Usia Dini sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Mewujudkan suasana interaksi akademik yang islami dan berbudaya yang mendukung pembentukan karakter dan kompetensi lulusan

Profil Lulusan

Profil Utama

Profil utama lulusan jursan Pendidikan Islam Anak Usia Dini bertugas sebagai pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan keislaman, keilmuan dan profesi.

Profil Tambahan

  1. Pengelola lembaga pendidikan anak usia dini yang bertugas mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini baik dari sisi sumberdaya manusia, pembiayaan, maupun pembelajaran
  2. Konselor di bidang pendidikan anak usia dini

DAFTAR DOSEN