Bg

Berita - IAIN Surakarta

SEMA FIT Menyelenggarakan acara Seminar Legislatif dengan tema “Revitalisasi Organisasi Mahasiswa dalam Percaturan Birokrasi Kampus”.

2 Oktober 2019

Surakarta – Senin (30/9), Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah (SEMA FIT) IAIN Surakarta menyelenggarakan acara Seminar Legislatif dengan tema “Revitalisasi Organisasi Mahasiswa dalam Percaturan Birokrasi Kampus”.

Acara ini diselenggarakan di Mini Teater P2B IAIN Surakarta pada pukul 08.30-12.30 WIB yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dengan turut mengundang perwakilan HMJ dan DEMA FIT, SEMA dan DEMA Fakultas dan Institust, serta DPM Fakultas dari Universitas lain di Solo Raya.

Dalam kesempatan ini, SEMA FIT mengundang dua tokoh penting dalam jajaran birokrasi kampus di Indonesia dan birokrasi kenegaraan, yaitu Aldi Nur Fadil Auliya (Ketua SEMA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Ketua Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Jawa Timur) dan Muhammad Ngainirrichard, S.H.I (Anggota DPRD Jateng) dengan moderator Iffah Mahirotun Nissa (Demisioner Ketua SEMA FITK 2018) serta dihadiri juga oleh Dr. Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. selaku Wakil Dekan I FIT.

Ahmad Arifin sebagai Ketua Umum SEMA FIT IAIN Surakarta menyampaikan, “acara ini dimaksudkan agar menambah dan menguatkan peran organisasi mahasiswa sebagai wadah dan perwakilan dari mahasiswa.”

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. menyampaikan bahwa “Kegiatan Seminar Legislatif ini diharapkan dapat membantu merevitalisasi peran Senat Mahasiswa sebagai pemegang kebijakan ormawa dan terbangun komunikasi dan koordinasi antar senat mahasiswa dalam lingkup fakultas, institut, maupun antar perguruan tinggi dengan baik sehingga terbangun sinergi yang baik untuk mencapai tujuan.”

Antusiasme dan profesionalisme pemateri terasa ketika penyampaian materi kepada peserta, sehingga memunculkan respon yang sangat baik dari peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya ketika dibuka sesi tanya jawab. Bukan hanya itu, ketika dilakukan Forum Group Discussion (FGD) pun peserta aktif untuk berdiskusi sehingga banyak aspirasi berupa kritik dan saran yang tersuarakan ketika penyampaian hasil diskusi.

“Lembaga Legislatif harusnya menjadi lembaga tertinggi ormawa karena representasi dari suara mahasiswa”, begitulah cuplikan dari pemaparan materi yang disampaikan oleh Aldi Nur Fadil Auliya. Kemudian anggota DPRD Jateng, Muhammad Ngainirrichard, S.H.I menyampaikan bahwa lembaga Legislatif mempunyai empat fungsi, yaitu legislati, penganggaran, pengawasan, dan advokasi. “Maksimalkan waktu untuk mencari pengalaman dan ilmu! Karena yang dibutuhkan pasca kuliah adalah kapasitas dan kompetensi kalian”, begitulah salah satu pesan beliau di sela-sela penyampaian materi.

Pada sesi akhir acara ini, diisi dengan penyerapan aspirasi peserta sebagai mahasiswa kepada fakultas ilmu tarbiyah melalui link google form yang telah disediakan oleh SEMA FIT sebagai penyelenggara acara.

Sumber : SEMA FIT