Bg

Berita - IAIN Surakarta

Stadium General “Tarbiyah dan Moderasi Beragama” Puncak Festival Tarbiyah 2020

21 Oktober 2020

IAIN Surkarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah pada Selasa 20 Oktober mengadakan puncak acara dari rangkaian “Festival Tarbiyah”. Kegiatan yang merupakan kuliah umum (stadium general) ini bertajuk Tarbiyah dan Moderasi Beragama. Kegiatan yang merupakan kuliah perdana pengenalan kampus bagi mahasiswa baru ini menghadirkan ustadz Wijayanto sebagai narasumber yang dilakukan secara virtual dan di moderatori oleh M.Irfan Syaifuddin, M.Ag yang merupakan Dosen Pendidikan Agama IAIN Surakarta.

Di dalam paparannya Ustadz Wijayanto menyampaikan bahwa kita sebagai manusia adalah orang yang beruntung. Hal ini disebabkan bahwa seluruh yang mengikuti kuliah umum ini pada dasarnya orang yang mencari ilmu dan sebaik baik orang adalah yang mencari ilmu dan mengajarkannya Khoirukum man ta’allamal Qur’an wa’allamahu” Dan ketika dikaji keutamaan hanya mencari ilmu saja mempunyai pahalanya sudah lebih baik dari tahajud semalam suntuk. Dan di sinilah kelebihan dari mahasiswa fakultas ilmu tarbiyah yang sekarang belajar, mempunyai tujuan esok akan mengajarkan ilmu yang dipelajarinya.

Selanjutnya, moderasi beragama yang disampakan Ustadz Wijayanto dan harus dicatat adalah, yang pertama adalah memberi manfaat, kedua agama adalah sesuai dengan fitroh kemanusiaan, ketiga orang yang beragama itu berada di tengah-tengah antara dunia dan akhirat, empat agama berpihak pada nila-nilai kebenaran dan keindahan, lima moderasi harus ada dalam prinsip-prinsip keadilan, enam harus menjadi umat yang menegakkan kebenaran (ammar ma’ruf nahi munkar).

Untuk itu sebagai mahasiswa fakultas ilmu tarbiyah mampu belajar yang nantinya akan diajarkan kepada orang lain dengan tidak meninggalkan karakteristik dalam beragama. Dengan keenam prinsip beragama dalam belajar dan mengajar nantinya diharapkan untuk membawa rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi semesta alam). (NHR/FIT)